Puji syukur kita panjatkan kepadaNya oleh karena kemurahan dan anugerahNya, kita diperkenankan melaksanakan Retreat Peserta Didik Kelas IV SD Kristen Yahya pada Tahun Ajaran 2016-2017. Kegiatan Retreat ini berlangsung pada tanggal 03 – 04 Februari 2017 di Wisma Pratista, Jl. Kolonel  Masturi 591 Cisarua, Bandung dengan tema “Berbagi Kebaikan di dalam Keberagaman”. Retreat a  IMG_37831dalah kegiatan yang mengajak peserta didik untuk sejenak berhenti dari kesibukan belajar, untuk merenungkan dan merefleksikan kebaikan Tuhan dalam hidup mereka. Tujuan kegiatan Retreat ini adalah menyadarkan peserta didik bahwa hidup untuk memuliakan nama Tuhan, membentuk karakter yang sesuai dengan kehendak Tuhan serta menumbuhkan sikap peduli terhadap keluarga, guru dan sesama dalam perbedaan. Kegiatan ini diikuti dengan baik dan penuh antusias oleh para peserta didik mulai dari hari pertama sampai dengan hari kedua.

Kegiatan Retreat ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SD Kristen Yahya, Bapak Supardi, S.Pd dan dilanjutkan dengan Sessi ke-1 yaitu Kebaktian dengan mengusung sub tema “Mengasihi Sesamaku” yang tIMG_37431erambil dari Matius 29:39 oleh Bapak Pdt. Denis Hendry Prasetiyo. Pada sesi ini peserta didik diingatkan bahwa Allah adalah kasih dan mengasihi sesama berarti kita mengasihi Tuhan. Peserta didik diajak merefleksikan bagaimana kasih dapat mereka terapkan terhadap sesama apapun agama, suku, budaya baik ataupun tidak kelakuannya karena kasih kepada sesama yang benar adalah kasih yang mengampuni. Pada akhir sesi ini peserta didik diajak untuk mendoakan dan mengampuni orang-orang yang sudah menyakiti atau mempunyai kesalahan pada mereka baik itu teman atau pun keluarga.

Sesi selanjutnya yaitu tentang Sex Education Mengapa Aku Berbeda?”. Pada sesi ke-2 ini peserta didik kelas IV dibagi menjadi 2 bagian yaitu kelompok putri bersama dr. Hobertina IMG_36621Tanamal dan kelompok putra bersama dr. Santho Gusnanto. Dalam sessi ini masing-masing kelompok mendapat informasi mengapa mereka berbeda dan apa perbedaan atau perubahan baik dari segi fisik maupun sikap emosional dari masa anak-anak sampai masa pubertas yang saat ini mereka sedang alami. Acara dilanjutkan dengan Api Unggun, peserta didik kelas IV bergabung dengan peserta didik kelas VI untuk sama-sama menikmati acara Api Unggun tersebut. Pada acara ini beberapa peserta pidik saling menunjukkan bakat mereka, ada yang menyanyi (Sarah Nadine, Adelle dan Moses Kelas IV), membaca puisi (Ezra Kelas VI) dan ada juga yang menunjukkan bakat menjadi pembawa acara (Andrew, Kelas VI).

Kegiatan Retreat pada hari kedua diawali dengan SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) bersama yang dipimpin oleh Miss Susan. Acara dilanjutkan dengan Sesi ke-3: Motivasi oleh Saudari Raissa Hadiman, S.Psi dengan tema Retreat “Berbagi Kebaikan di dalam Keberagaman”. Dalam sesi ini, peserta didik diajak bagaimana cara berbuat baik dimulai dari diri sendiri, memiliki sifat yang kaya akan budi pekerti yaitu: ramah, murah hati, tenggang rasa dan tulus, mengapa harus berbuat baik dan benar dari segi alkitabiah dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan peserta didik terhadap keluarga, guru dan sesama. Acara selanjutnya yaitu Talent Show, di mana setiap kelompok menampilkan talenta masing-masing sesuai dengan tema yang telah ditentukan yaitu Pantomim, Drama Musikal, Drama, Gerak dan lagu, Dance, serta Musik Kontemporer. Peserta didik sangat antusias dalam acara ini, meskipun waktu persiapan kurang dari 1 minggu. Peserta didik membawa segala perlengkapan mulai dari peralatan dan kostum yang digunakan saat tampilan talent show. Kegiatan Retreat diakhiri dengan refleksi oleh Miss Putry, pada refleksi ini peserta didik merenungkan seluruh kegiatan yang sudah dijalani dari awal sampai akhir dan ditutup dengan doa bersama. Saya mewakili Panitia Retreat Kelas IV SD Kristen Yahya yakin bahwa melalui kegiatan Retreat ini peserta didik mendapat pembelajaran yang sangat berguna untuk masa saat ini dan bekal untuk masa yang akan datang.

Author : Greesla Anggera Jaya, S.Si

Bagikan: